MATSAMA 2022 H 3 ( BUDAYA DIGITAL)
MATSAMA 2022 H 3 ( BUDAYA DIGITAL)

MATSAMA 2022 H 3 ( BUDAYA DIGITAL)

  • 20 Juli 2022
  • By Admin

Budaya Digital

 

Kedungwuni - Rabu (20/7/22) Hari ketiga Masa Ta'aruf Siswa Madrasah peserta didik baru MAN Pekalongan dipaparkan materi *Budaya Digital* Waktu pelaksanaan materi *Budaya Digital* pukul 08.00 - 09.30 WIB. Pelaksanaan sesi 1 budaya digital ini terbagi menjadi 2 kelompok aula lantai 2 dengan no.peserta 01 s.d. 153 dan aula lantai 1 dekat ruang BK dengan no.peserta 154 s.d. 313.

 

Pada kesempatan ini paparan materi Budaya Digital sesi 1 di aula lantai 1 dipandu Rani Irawan Pahrudin, S.Hum. Kegiatan diawali dengan _streaching_ dan pengkondisian diri peserta. Peserta dibawa ke dalam kerangka berpikir budaya digital. Pemateri membangkitkan semangat dengan yel-yel, game dan komunikatif dengan studi kasus untuk ditanggapi peserta Matsama.

 

Selanjutnya diputar video madrasah digital MAN Pekalongan. Design satu kelas digital yang dilengkapi internet, ruang AC, TV digital, meja dan kursi sangat representatif untuk pembelajaran. 

 

Literasi digital menekankan kecakapan pengguna digital dengan penuh tanggungjawab. Sebagai pengguna digital harus menunjukan karakter Pancasila dan berbhineka tunggal ika dalam bermedia sosial. 

 

Pengguna media sosial harus memiliki etika digital. Etika digital sebagai prinsip-prinsip moral yang mengatur perilaku dalam aktivitas dengan media digital. Implikasi etika digital terutama mewaspadai konten negatif, hoaks, perundungan/cyberbullying dan ujaran kebencian. Diperlukan tindakan etis untuk analisis dan verifikasi konten negatif serta tidak perlu mendistribusikan konten negatif. Pengguna media digital untuk memerangi konten negatif.

 

Pada saat yang bersamaan di aula lantai 2 MAN Pekalongan Asilatul Khaqiyah, S.Kom selaku pemateri menyampaikan paparan budaya digita dan diikuti peserta Matsama dengan sangat antusias. Kepiawaiannya membangun komunikasi interaktif dan menghidupkan suasana mampu menggugah peserta didik larut mengikuti Matsama. Akhir kegiatan praktik aplikasi penggunaan instagram, youtobe dan facebook. 

 

Siap Budaya Digital Siap Membangun Moral Pengguna Media Digital

 

(C-G)

  • ALAMAT SEKOLAH

    Komplek Islamic Centre jalan Capgawen No. 113, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan

  • Telepon
    (0285) 4482358 (0285) 7830301