MATSAMA 2022 H 2 ( MODERASI BERAGAMA)
MATSAMA 2022 H 2 ( MODERASI BERAGAMA)

MATSAMA 2022 H 2 ( MODERASI BERAGAMA)

  • 19 Juli 2022
  • By Admin

Moderasi Beragama

 

Kedungwuni - Selasa (19/7/22) Hari kedua Masa Ta'aruf Siswa Madrasah peserta didik baru MAN Pekalongan dipaparkan materi *Moderasi Beragama* Waktu pelaksanaan materi *Moderasi Beragama* pukul 08.00 - 09.30 WIB. Pelaksanaan sesi 1 moderasi beragama ini terbagi menjadi 2 kelompok aula lantai 2 dengan no.peserta 01 s.d. 153 dan aula lantai 1 dekat ruang BK dengan no.peserta 154 s.d. 313.

 

Pada kesempatan ini paparan materi Moderasi Beragama sesi 1 di aula lantai 1 dipandu H. Lukman Hakim, MSI. Kegiatan diawali dengan _streaching_ dan pengkondisian diri peserta. Peserta dibawa ke dalam kerangka berpikir _minset_ moderasi beragama. Pemateri membangun dialog interaktif dengan studi kasus untuk ditanggapi peserta Matsama.

 

Selanjutnya diputar video Suci Mulyati peserta didik MAN Pekalongan sebagai Duta Harmoni dan Toleransi. Paparan video menguraikan keberagaman dan kemajemukan masyarakat Petungkriyono dalam keyakinan beragama. Masyarakat Petungkriyono yang rukun, damai dan toleran serta saling hormat menghormati. Deskripsi situs sejarah berupa makam dan situs lain mewarnai kemajemukan masyarakat.

 

Moderasi Beragama merupakan cara pandang, sikap dan perilaku mengambil posisi di tengah-tengah, bersikap adil dan tidak ekstrem dalam beragama. Sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusi). Prinsip-prinsip moderasi beragama meliputi moderat, seimbang, adil/proporsional, toleransi, egaliter, musyawarah, dinamis dan inovatif. Sikap dan prinsip-prinsip ini yang harus dibangun untuk mewujudkan moderasi beragama. 

 

Pada saat yang bersamaan di aula lantai 2 MAN Pekalongan Hj. Najikah, M.Pd.I selaku pemateri menyampaikan paparan moderasi beragama dan diikuti peserta Matsama dengan sangat antusias. Kepiawaiannya membangun komunikasi interaktif mampu menggugah peserta didik untuk mengikuti Matsama.

 

Siap Matsama Siap Moderasi Beragama.

 

(C-G)

  • ALAMAT SEKOLAH

    Komplek Islamic Centre jalan Capgawen No. 113, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan

  • Telepon
    (0285) 4482358 (0285) 7830301